Wartawan Uighur Gulchehra Hoja: 'Saya punya kisah sedih sendiri untuk diceritakan

Cina Xinjiang Ürümqi Uiguren Protes

DW berbicara kepada jurnalis Uighur, Gulchehra Hoja yang, bersama dengan beberapa koleganya, menuduh pihak berwenang Tiongkok menangkap anggota keluarganya sebagai balasan atas laporannya tentang keadaan menyedihkan para Uighur.


Wartawan Uighur Gulchehra Hoja: 'Saya punya kisah sedih sendiri untuk diceritakan'

Cina Xinjiang Ürümqi Uiguren Protes

DW berbicara kepada jurnalis Uighur, Gulchehra Hoja yang, bersama dengan beberapa koleganya, menuduh pihak berwenang Tiongkok menangkap anggota keluarganya sebagai balasan atas laporannya tentang keadaan menyedihkan para Uighur.

Radio Free Asia (RFA), penyiar yang didanai pemerintah AS, pekan lalu menuduh pemerintah Cina berusaha membungkam dan mengintimidasi wartawan layanan Uighur, menyusul laporan bahwa pasukan keamanan telah menahan beberapa kerabat dekat mereka.

Menurut RFA, kampanye luas pemerintah Cina terhadap keluarga stafnya dilakukan sebagai balasan atas liputan penyiaran Beijing terhadap penindasan etnis etnis Uighur di provinsi Xinjiang barat laut.

Gulchehra Hoja, yang telah bekerja dengan RFA di Washington DC selama 17 tahun, mengatakan bahwa sekitar 20 kerabatnya ditangkap oleh pasukan keamanan Cina. Di antara mereka yang ditangkap adalah ibu, ayah, saudara laki-lakinya, dan kerabat lainnya.

Dalam sebuah wawancara DW, Hoja berbicara tentang bagaimana dia menolak untuk diintimidasi oleh otoritas Cina dan akan terus menarik perhatian dunia terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh komunitas Uighur.

DW: Anda menuduh pihak berwenang China memenjarakan ibu, ayah, dan kerabat Anda karena pekerjaan Anda sebagai seorang reporter. Bagaimana Anda menilai situasi politik Xinjiang saat ini dan apakah Anda takut akan pembalasan akibat tindakan Anda?

Gulchehra Hoja: Situasi di wilayah ini sekarang lebih buruk. Setiap hari kami menerbitkan berita tentang keadaan yang memburuk di sana. Selama beberapa tahun terakhir, ribuan orang telah ditangkap oleh pemerintah dan dimasukkan ke dalam apa yang disebut pusat pendidikan ulang. Tapi pusat-pusat ini seperti kamp konsentrasi. Kami hanya tahu bahwa Uighur masuk, tapi tidak ada yang keluar.

Pemerintah Cina telah membanjiri Xinjiang dengan pasukan keamanan selama dekade terakhir, mengklaim telah memerangi ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok Islam di wilayah tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, saya telah fokus melaporkan tentang kamp-kamp ini. Dan saya telah menerbitkan kisah sedih orang lain setiap hari, tetapi saat ini saya memiliki kisah sedih sendiri untuk diceritakan.

Saya sangat khawatir tentang orang tua saya dan kesehatan mereka. Ini mempengaruhi bukan hanya saya, tetapi seluruh komunitas Uighur. Setiap keluarga di wilayah ini memiliki satu atau dua anggota di kamp tersebut. Orang-orang ini tidak dapat berbicara, tetapi saya bisa. Kami, pers bebas, adalah satu-satunya suara mereka yang tersisa.

Karena itu saya harus kuat dan melanjutkan pekerjaan saya. Kami tidak tahu di mana tepatnya pihak berwenang telah mengambil orang tua dan saudara saya dan bagaimana kondisi mereka saat ini.

Mereka memblokir semua informasi dan kontak dengan dunia luar dan kami hampir tidak tahu apa yang terjadi. Tapi yang bisa saya lakukan adalah menarik perhatian, tidak hanya pada situasi keluarga saya, tetapi juga situasi seluruh komunitas saya. Saya berharap dunia dapat mengalihkan perhatiannya ke masalah dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk membantu kami.

Laporan menunjukkan bahwa penahanan ini jauh lebih luas daripada yang sebelumnya. Apa pendapat Anda tentang ini dan kondisi apa yang mungkin dihadapi tahanan dalam tahanan?

Saya terakhir berbicara dengan ibu saya pada 1 Februari. Sampai saat itu, saya telah berbicara dengannya sekali atau dua kali sebulan dan pihak berwenang tidak memutuskan komunikasi kami. Tetapi sekarang saya tidak tahu di mana mereka berada dan sangat menakutkan membayangkan kondisi menyedihkan yang mungkin mereka hadapi dalam penahanan. Baik ibu dan ayah saya memiliki masalah kesehatan.

Adikku ditangkap oleh pihak berwenang hampir lima bulan yang lalu. Dia dibawa pada 28 September 2017, dan mereka mengatakan dia menjadi target karena pekerjaan saya. Setelah mengetahuinya, saya ingin melakukan sesuatu untuk membantu saudara saya. Tetapi ibu saya menghentikan saya dengan mengatakan bahwa dia sudah kehilangan satu anak dan tidak ingin kehilangan anak lagi. Tetapi sekarang otoritas Cina telah mengambil seluruh keluarga saya, termasuk sepupu saya.

Baca lebih lajut:

Mengapa warga Uighur China bergabung dengan jihadis di Afghanistan

Cina membatasi jenggot, kerudung di wilayah Muslim

Menurut Anda, apa yang harus dilakukan untuk memastikan pembebasan orang tua dan saudara Anda?

Pertanyaan ini harus dijawab oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia dan negara-negara Barat yang percaya pada hak asasi manusia dan keadilan. Itu harus dijawab oleh siapa pun yang memiliki hubungan dengan Cina. Semua negara dan pemerintah mereka sudah tahu nasib orang Uighur. Banyak kantor berita dan organisasi internasional secara teratur menerbitkan laporan tentang warga Uighur.

Saya hanya satu orang dan melakukan apa yang dapat saya lakukan. Tetapi saya tidak dapat menghentikan pemerintah China. Ini adalah tanggung jawab sekutu dan mitra bisnis China. Dunia harus fokus pada penyelesaian masalah ini. Ini adalah abad ke-21, tetapi kami masih melihat orang-orang tak bersalah ditangkap, dituduh dan dimasukkan ke dalam kamp konsentrasi. Ini sangat menyedihkan.

Bagaimana langkah pihak berwenang memengaruhi Anda dan pekerjaan Anda? Bagaimana reaksi kolega Anda terhadap penahanan anggota keluarga mereka?

Saya juga manusia. Ketika saya mendengar berita penangkapan ini, saya langsung merasa hancur. Tetapi saya percaya saya adalah harapan mereka dan saya tidak bisa menghentikan pekerjaan saya.

Lima rekan kerja saya juga menghadapi situasi yang sama, dengan orang tua dan saudara kandung mereka dibawa pergi oleh pihak berwenang hanya karena pekerjaan kami di Radio Free Asia. Beberapa dari mereka bahkan telah dijatuhi hukuman penjara bertahun-tahun.

Pemerintah Cina mungkin ingin kita berhenti mengemukakan masalah tentang Uighur dan menerbitkan kebenaran. Itu sebabnya kerabat kami menjadi sasaran. Tetapi kita tidak bisa dan tidak akan berhenti, terutama pada saat kita merasa pekerjaan kita sangat penting dalam menyoroti keadaan Uighur.

Ancaman apa yang dihadapi wartawan yang meliput perkembangan di Xinjiang dari otoritas Tiongkok?

Pemerintah Cina dapat melakukan apa pun yang diinginkannya di wilayah Uighur. Orang luar bahkan tidak bisa membayangkan apa yang terjadi di sana. Meskipun saya dan kolega saya berada di luar negeri, kami telah dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah Tiongkok karena kerabat dan teman kami masih tinggal di sana.

Saya pikir wilayah ini tertutup bagi dunia luar. Pemerintah Cina tidak membiarkan wartawan masuk ke sana. Jika Uighur berbicara dengan jurnalis, mereka akan ditangkap atau menghadapi kesulitan. Itu sebabnya bahkan jika jurnalis mendapat kesempatan untuk memasuki daerah itu, tidak ada yang akan berbicara dengan mereka, terutama saat ini. Jadi sangat sulit untuk mendapatkan informasi yang kredibel dari sana.

Gulchehra Hoja telah bekerja untuk Radio Free Asia yang didanai pemerintah AS di Washington selama 17 tahun terakhir.

Wawancara dilakukan oleh Srinivas Mazumdaru. Itu telah diedit dan diringkas untuk kejelasan.

JANTUNG CINA UIGHUR BERUBAH MENJADI NEGARA KEAMANAN
Wilayah Xinjiang barat jauh China meningkatkan keamanan

Tiga kali sehari, alarm berbunyi melalui jalan-jalan kota Silk Road, Kashgar, Tiongkok kuno, dan pemilik toko bergegas keluar dari toko mereka sambil mengayunkan tongkat kayu yang dikeluarkan pemerintah. Dalam latihan wajib teror yang dilakukan di bawah pengawasan polisi, mereka melawan para penyerang yang menggunakan pisau imajiner.


Comments

Popular Posts